Monday, November 27, 2006

Kenali Kandidat Board of Trustees

Sebagian dari 20 kandidat BOT IKI yang hadir pada acara temu kandidat BOT IKi, dari kiri ke kanan:
Berdiri: Hasan Husein, Eddy Sandjaja, Dutamardin Umar, Ronan Adzannur, Barokah Widodo
Duduk: Malina Eppley, Ambar Abbink, Wanty Syarief, S. Soeprapto, Shahir Kadir, dan Chairunnas Anwar


Saudaraku anggota IKI Yth.:

Kami, Panitia Pemilu IKI, telah mem-poskan surat suara, kepada semua anggota masyarakat Indonesia di Washington DC area (DC, MD, VA) yang ada data nama dan alamatnya pada kami. Diharapkan dalam sehari-dua anda telah menerima surat suara itu bersama dengan petunjuk/cara memilih. Dalam beberapa hari kedepan, kami masih akan menerima alamat masyarakat yang belum memberikan. Kami akan segera memprosesnya untuk segera mengirimkan surat suara kepada anda..

Insya Allah, dengan seijin Tuhan, akan dilakukan penghitungan suara yang masuk pada Minggu 10 Desember 2006 jam 4pm diruang Garuda KBRI. Pada hari itu akan diketahui siapa
9 orang pengurus inti (Board of Trustees) yang didalam BoT itu akan dipilih fungsi masing. Jadi pada tanggal itu akan diketahui siapa Presiden IKI dan pengurus lainnya.

Lalu Apa dan Siapa Saja 20 Kandidat BOT yang telah mencalonkan diri dalam Pemilu IKI periode kepengurusan 2006-2008 ini?


KANDIDAT NO 1: AMBAR ABBINK
Profesi : Senior Akuntan dan Guru Bahasa Indonesia
Mantan Ketua IKI (2000-2002) yang kini menjadi Penasehat IKI ini tidak lagi bersedia dicalonkan untuk menjadi Ketua, namun dengan bekal dan pengalamannya beliau mempunyai misi untuk tetap mendukung dan membantu siapapun Ketua IKI’ yang akan terpilih nanti, dalam menjalankan semua program-progam IKI.
Sedangkan visinya: Keberadaan organisasi IKI diharapkan mampu memajukan anggotanya, dan menjadi sumber informasi serta bertukar pengalaman.


KANDIDAT NO 2 : ANDANG S. POERAATMADJA

Pak Andang berprofesi sebagai dosen senior bahasa dan budaya Indonesia di School of
Language studies, Foreign Service Institute, U.S. Department of State dan John Hopkins
University.

Pengalaman: Aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Sejak 1980 aktif di IKI dan pernah jadi ketua IKI periode tahun 1994-1996

Mission statement :
Menyadari keberadaan masyarakat Indonesia dengan berbagai latar belakang, maka kita harus menggunakan trilogi A dalam berinteaksi yaitu ASIH, ASAH dan ASUH.

Sebagai mantan Ketua dan sekarang penasihat IKI ini tetap semangat untuk memberikan pengalaman dan gagasannya bagi kemajuan IKI, dibuktikannya dengan menyempatkan diri untuk hadir dalam rapat-rapat dan acara-acara IKI lainnya.


KANDIDAT NO 3 : BAMBANG ACHIRUDIN

Pegawai setempat (local staff) KBRI Washington, DC ini saat ini menjabat sebagai Ketua Musholla KBRI.

Penggemar memancing ini mempunyai misi untuk membantu masyarakat Indonesia yang belum beruntung untuk mendapatkan status legal di AS, serta Mottonya : "Lebih suka bekerja dari pada bicara".


KANDIDAT NO 4 : BAROKAH WIDODO



Pemegang gelar Master dalam bidang Business Administration dari University of Illinois at Urbana-Champaign yang bekerja sebagai konsultan IT ini saat ini juga menjabat Seketaris Jendral PKS di Amerika Utara.


Barokah mempunyai visi untuk bekerja bersama-sama membangun komunitas Indonesia yang menyenangkan (friendly), membawa manfaat bagi semua anggotanya, serta menjadikan IKI sebagai organisasi yang dihormati untuk masa depan yang lebih baik.

Mission statement-nya untuk untuk IKI adalah:
- Provide activities to bring together Indonesian and friends from all walks of life.
- Provide essential services and information on immigration issues, jobs and school opportunities.
- Working together with other organizations

KANDIDAT NO 5 : CHAIRUNAS ANWAR


Pria yang populer dengan panggilan “Kumis” ini pernah mencatatkan namanya di Guinness Book of Record dengan rekor memasak nasi tumpeng tertinggi di dunia (6 meter) bersama 11 orang rekannya.

Dalam acara Temu kandidat BOT, pekerja di bidang konstruksi (flooring) ini mengaku tidak berambisi untuk menjabat sebagai Ketua IKI, namun dengan mantap menyatakan selalu siap sedia menunjang semua kegiatan kemasyarakatan yang bertujuan untuk kebersamaan tampa membeda-bedakan suku, pendidikan, status sosial, agama dll demi tercapainya tujuan dan fungsi IKI yang dicita-citakan bersama.


KANDIDAT NO 6: DUTAMARDIN UMAR


Siapa yang tak kenal beliau?, sosok yang selalu ada dimana-mana, hampir di setiap kegiatan masyarakat Indonesia selalu muncul wajahnya, termasuk aktif di berbagai mailing list. Beliau jugalah sosok yang paling semangat bekerja demi suksesnya pemilu IKI, dibuktikannya selain dengan menjadi kandidat BOT -- juga terlibat di tim adhoc, kepanitiaan, bahkan paling aktif membantu melipat dan mensortir surat suara yang jumlahnya 2000 lembar itu.

Dutamardin yang merupakan salah seorang pendiri dan juga menjadi Presiden pertama IMAAM ini telah malang melintang di berbagai organisasi, antaranya: pernah menjadi Ketua ICMI se-Amerika Utara, dan sekarang menjadi penasehat IKI dan IMAAM

Visi dan Misi-nya bagi organisasi IKI: Memicu potensi masyarakat, secara bersama membawa IKI menjadi organisasi yang dikelola secara professional, yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membela kepentingan bangsa Indonesia di Amerika

KANDIDAT NO 7: DWITRA ZAKY

Profesi: Guru bahasa Indonesia, penulis , pekerja sosial, ibu 2 anak dan istri.


Pengalaman organisasi:
- Madrasah IMAAM Principal
- Asia Relief Board of Executive

Harapan Dwitra untuk IKI:
Sudah waktunya IKI menjadi organisasi yang mewakili warga Indonesia di Amerika, yang mampu bermain di kancah internasional (International Group), menjalin hubungan kerjasama dengan banyak organisasi internasional lainnya dan organisasi-organisasi NGO besar lainnya.


Seharusnya IKI bisa menjadi "batu loncatan" dan tempat penggodogan bagi calon-calon pemimpin muda lainnya ke kancah internasional.


KANDIDAT NO 8 : EDDY NUGROHO SANDJAJA


Pemegang dua gelar Master (MA in Linguistics and International Affairs) Universitas Ohio, di Athens, Ohio ini sekarang menjabat sebagai Director of Student Assessment, Carlos Rosario International Public Charter School, Washington, DC, serta pengajar Bahasa Indonesia di Universitas Johns Hopkins, Washington, DC.

Pengalaman berorganisasi:
Menjabat sebagai VP Keluarga Katolik Indonesia, Washington, DC serta aktif di berbagai kegiatan kesenian dan tari-tarian di KBRI dan KKI.

Mission Statement:
To provide a safe heaven for the generations of Indonesian-American Community to congregate, socialize, and participate in the efforts to obtain the American Dream through education, empowerment, and self-reliance of its members.
Vision:
To make IKI a powerful organization through advocation, empowerment and education.


KANDIDAT NO 9 : FADJRIL ASIKIN (UYUNG)

Kandidat yang memiliki bisnis di bidang Road Service Company (Asikin Towing) ini
aktif dalam berbagai kegiatan IKI dan IMAAM/Madrasah Indonesia, juga senantiasa aktif ringan tangan dalam membantu masyarakat, khususnya yang ditimpa musibah, perkawinan dan sebagainya.



Mission Statement: Selalu bersama masyarakat, baik dalam senang, apalagi dalam susah.


KANDIDAT NO 10 : HARRY Y. TIRTAKUSUMAH

Profesi: Staf lokal di KBRI sejak 1983 sampai sekarang di bagian Perindustrian dan Perdagangan (kalau dibutuhkan bisa saya rinci termasuk di Indonesia)

Pengalaman Organisasi: Chairman of Board of Trustee (BOT) IMAAM, Inc.; Vice President IMAAM bidang Dakwah dan Pendidikan; (mantan) Ketua Mushola KBRI; Pernah membantu/pengurus IKI dalam bidang Usaha dan juga pernah dibidang Rohani Islam.

Visi: Janganlah kau bertanya lagi "Apa keuntungannya menjadi anggota IKI?", tapi mulailah dengan pertanyaan "Apa yang dapat saya bantu untuk IKI?".

Mission statement:
Dengan IKI diharapkan saling mengenal satu sama lain, tidak saja individu tetapi seluruh anggota keluarga dengan cara banyak-banyak bersilaturahmi, menjadikan keluarga masyarakat indonesia saling bisa berdiri berdampingan tanpa adanya perbedaan, saling percaya, tolong menolong, rendah hati dan tidak memikirkan diri sendiri.

KANDIDAT NO 11: HASAN HUSAIN

Pendiri PAN Washington DC yang aktif di IKI dan IMAAM ini menyatakan siap membantu dipengurusan IKI

Misi Hasan untuk IKI: mari kita semua bekerja sama menyusun program IKI yang akan datang dengan hati ikhlas, serta melaksanakannya dengan sungguh-sungguh.


Hasan yang asli dan lahir di Sulawesi Selatan adalah juga Pembina sekaligus mantan Koordinator Marga Luyu 151 se-Sulaweasi-Selatan dari tahun 1984 - 1990.


KANDIDAT NO 12: MALINA EPPLEY


Malina yang berprofesi sebagai guru bahasa Indonesia part-time di Inlingua dan DLS ini juga merupakan pemilik International Pacifik Import bersama suaminya.

Malina yang sejak kecil di Sumatera Barat sudah berkecimpung di dunia tari-tarian sangat aktif dalam kegiatan kesenian masyarakat Indonesia di Washington, DC seperti: mengajar tari buat anak-anak Gebu Minang, menjadi guru summer Dance IKI, dan yang terakhir terlibat Cherry Blossom 2000 sebagai peggajar Tari Tabuik. Sejak tahu 2000 sampai sekarang Malina menjadi pengurus dalam Seksi Kesenian IKI.

Harapannya: Harapan saya dari dulu, ingin membagi semua ilmu tari saya kepada adik-adik yang tinggal di DC area yang berminat belajar tari.



KANDIDAT NO 13 : NATINDYAS K. RACHMAT (WANTI)



Profesi: IT Security Analyst di Inova Health System
Pengalaman Organisasi:
- Aktif membantu kegiatan-kegiatan dalam bidang kesenian dalam acara-acara yang dikelola oleh KBRI maupun non KBRI mulai 1983 - sekarang
- Pengurus/anggota Embassy of Malaysian Club mulai 1984-1998.

Misi/Visi:
- Menjadikan IKI wadah yang dapat menjembatani hubungan positif antara komunitas Indonesia khususnya dan komunitas Amerika umumnya melalui segala aspek tanpa melibatkan diskriminasi.
- Menjadikan IKI organisasi yang di legalize dengan hukum.


KANDIDAT NO 14 PUSPITA SARIWATI

Profesi: International Broadcaster di Radio Suara Amerika (VOA) – Indonesian Service.

ORGANISASI:
- Sekretaris I – IKI periode 2004 – 2006.
- Seksi Humas dan publikasi di KKI (Keluarga Katolik Indonesia) Washington, DC tahun 1991- 2001.
- Panitia Malam Renungan, Doa dan Harapan Indonesia (MARDHI) IKI, Desember 2004.

MISI:
- Memperkenalkan dan mempromosikan Indonesia di Amerika
- Mempererat hubungan antara sesama warga Indonesia yang tinggal di Amerika, tanpa membedakan SARA
- Membantu warga Indonesia yang memerlukan bantuan, baik secara material maupun mental.
- Menggalang dana untuk kas IKI, dengan acara-acara yang sekaligus dapat memperkenalkan potensi Indonesia


KANDIDAT NO 15 RACHMAD POETRANTO


Bung Rachmad Poetranto telah bekerja sebagai staf lokal di Bidang Transportation & Telecommunication Affairs, KBRI sejak 1989 sampai saat ini.

Pengalaman organisasinya:
1993- sekarang : Pengurus IKI
1993-2001 - Ketua Seksi Rohani Kristen, IKI
2002 : Mewakili PDIP willayah Washington, D.C. area
2000- sekarang : Manager Six@ Seven Band


KANDIDAT NO 16 : RISSA ASNAN (IRA)

Profesinya saat ini adalah ibu rumahtangga sekaligus organizer dari NSR Productions (an organization dedicated to promoting Indonesian-American cultural exchange)

Pengalaman Organisasi:
- Permias in Charlotte, North Carolina (1992 to 1999), khususnya fundraising
- International Women’s Club (IWC) of Delaware (2002 to present), organized several traditional Indonesian dance and Indonesian luncheon events.
- Mantan Presiden dan anggota: Organization for Charity to Indonesian Children (DUANI) of Delaware
- Koordinator dan panitia beberapa acara “Malam Gembira” dan kesenian yang menghadirkan artis-artis Indonesia.

VISI:
Seyogyanya IKI bisa merupakan tumpuan anggota dan masyarakat untuk meningkatkan nilai tambah kehidupan di Amerika baik dari aspek sosial, ekonomi, budaya dan agama.

MISI:
Konsisten membantu Ketua IKI dan bekerja sama dengan sesama pengurus, secara professional untuk menjalankan program program yang ditetapkan. Melakukan upaya yang optimal untuk memberikan manfaat positif bagi anggota dan masyarakat Indonesia di Amerika.



KANDIDAT NO 17 : RONAN ADZANNUR


Profesi sekarang:
Accounting Clerk di Chevy Chase Acura, dan POV di Voice of America

Mantan aktifis Pramuka di masa remajanya ini selalu aktif membantu dan mendukung acara- acara yang pernah diadakan oleh IKI sejak tahun 2003.

Misi dan visi:
Bersama-sama menjadikan IKI sebagai sarana penunjang dalam mengadakan kegiatan-kegitan kemasyarakatan yang tidak hanya diskusi-diskusi Ilmiah saja yang selama ini telah dijalankan, seperti kegiatan olah raga, piknik keluarga bersama dan lain sebagainya dalam untuk mempererat hubungan kekeluargaan sebagai sesama Keluarga Indonesia yang hidup di Rantau.


KANDIDAT NO 18 : S. SOEPRAPTO



Profesi: Karyawan di Voice of America [VOA], Indonesian Service.
Pengalaman organisasi:
Pernah menjadi Ketua IKI periode 1995–1997, setelah sebelumnya menjabat Wakil Ketua selama dua periode.

Visi
– IKI lahir sebagai organisasi kecil masyarakat yang semula bertujuan hanya sebagai wadah untuk kumpul-kumpul dan saling berkomunikasi / bersilaturahmi, kemudian menjadi besar, tumbuh sejalan dengan derap tuntutan masyarakat, dan sekarang harus melanjutkan usahanya untuk memperoleh status sebagai organisasi non-profit dan bebas pajak, agar mampu mandiri, berdikari dan berswasembada.
- Menanggapi tantangan itu, IKI harus mereformasi diri dengan menyempurnakan struktur organisasi, serta harus berorientasi nasional, regional dan internasional.

Misi
- Memperjuangkan bersama masyarakat dan KBRI untuk selekasnya mewujudkan pengurus presidium IKI agar segera bisa menjalankan tugasnya demi kepentingan masyarakat
- Mendirikan Pusat Kebudayaan Indonesia [Cultural Center] dan menyusun “Buku IKI – Dulu, Kini dan Nanti”.



KANDIDAT NO 19 : SHAHIR M KADIR


Profesi:
- Founder of KITA International Travel Agency di Rockville Maryland
- Japanese Steak House -Manager

Pengalaman Organisasi:
1999- 2001 Board of Trusty member of IMAAM, Inc
1995- 1998 Co-founder /Director Madrasah Indonesia
1991 - 1993 Advisory board member of American Muslim Council ( AMC )
1990- 1993 Co-founder/Secretary General ICM ( Islamic Center of Maryland )
1983- 1990 Vice President of Asian American Heritage Council ( AAHC ) Promoting Indonesian interest and concern among 8 million Asian in America.

Recognition : Among 11 community leaders recognized by President Ronald Reagan
Achievement : Successfully challenged a District of Columbia discriminatory law, limiting business ownership to a American citizens only.
bahwa

Visi:
Masyarakat Indonesia belum punya wadah yang bisa menyuarakan segala kepentingan masyarakat Indonesia ke luar, baik dari segi pendidikan, economy dan percaturan politik. IKI harus bisa menyuarakan kepentingan dan aspirasi masyarakat Indonesia.

Mission statement: Mengingat jumlah populasi Indonesia yang sudah semakin banyak, dan tentu permasalahanyanya pun semakin banyak, perlu adanya satu wadah yang bisa
menyalurkan segala kepentingan mereka, termasuk usaha untuk meningkatkan
taraf perekonomian, bisa buka usaha, punya status yang sah dll.
IKI ditantang, apakah hanya akan sibuk dengan acara sosial seperti piknik, pesta makan bersama, atau mau merubah diri menjadi organisasi yang betul di rasakan manfaatnya oleh kebanyakan masyarakat kita.

KANDIDAT NO 20: YAN S. WIRAMIDJAJA

Profesi : Direktur Informasi dan Teknologi, American Council of Engineering Companies (ACEC)

Pengalaman ber organisasi:
- Direktur Pendidikan dan Penyuluhan Yayasan Orangutan Indonesia
- Direktur Rehabilitasi Orangutan and Conservation Project

Jabatan Organisasi Sekarang: Wakil Ketua IKI

Misi/Visi:
“Dengan Kekeluargaan & kebersamaan kita membangun IKI yang baru”


---------

Mari kita sukseskan Pemilu IKI, dengan memilih kandidat terbaik pilihan anda dan mengembalikan surat suara secepatnya.


Tertanda,


Panitia Pemilu IKI 2006-2008: Irwan Rosyadi, Tommy Nasution, Andi Bachtiar, Arsyad, Afdal Muhammad

dan

Redaksi Warta IKI: Yan, Priyo, Ikranagara



No comments: